Images

Tips Dalam Menulis

Konnichi Wa Minna. .


Salam Semangat

         
         
         
            Di sore yang mendung ini enaknya dengerin musik sambil baca buku atau baca postingan-postingan blog, buat update berita terbaru, bicara masalah buku, ataupun postingan blog. . tentunya kita membicarakan mengenai suatu bentuk tulisan yang berasal dari ide dan hasil pemikiran, entah itu dari orang lain ataupun dari diri sendiri, nah sepertinya mudah ya kalo sekedar untuk menulis tapi sebenarnya untuk menuangkan ide dalam sebuah tulisan itu bukanlah hal yang mudah apalagi jika harus merampungkan hasil ide dalam sebuah buku, butuh banyak hal yang dipersiapkan dan dilakukan.


          Sesuai dengan judul diatas "Kiat Dalam Memulai Menulis", ada banyak hal yang ada dalam diri kita dan tentunya beberapa hal yang mesti kita siapkan untuk memulai menjadi seorang penulis, tapi saya bukan seorang penulis. . hanya dari membaca dan mendengar dari para penulis mengenai kiat ataupun poin-poin penting yang mesti dimiliki seorang penulis,, jika masih ingin tau, silahkan lanjut bacanya

First, -Memulai Menulis-



Jelas sekali poin pertama ini sangat penting, jika ga ada Awal maka ga ada Akhir. . Mulailah menulis apapun yang ada di fikiran, entah itu cerita, pengalaman, dan hal-hal lain, namun menurut para penulis, poin pertama ini adalah bagian tersulit karena menuangkan ide dalam sebuah tulisan bukan hal yang mudah karena itu banyak calon penulis yang kandas di poin pertama ini.

Second, -Gemar Membaca-



"Membaca adalah Jendela Dunia", kalimat yang pendek tapi luas maknanya, semakin rajin kita dalam membaca maka semakin banyak dan luas wawasan kita dan cerita yang kita buat dapat berkembang lebih baik, entah itu membaca novel-novel penulis lain, maupun pengetahuan umum, yang pasti setiap ilmu yang kita baca akan ada gunanya dalam setiap cerita yang kita buat.

Third, -Disiplin-



Poin Ketiga ini juga Sangaaat penting, tanpa disiplin, kita akan sangat sulit menjadi penulis yang baik, tanya kenapa?. . Jelas sekali, jika kita tidak teratur, taat dan rajin dalam menulis maka keterampilan kita dalam menulis tidak akan berkembang, atur dan luangkanlah waktu untuk membaca, menulis apapun yang ada di dalam pikiran dan rampungkanlah cerita yang sudah kamu mulai.

Fourth, -Segera Catat-


Langkah ini mengharuskan kamu siap sedia alat dalam mencatat segala hal dan cerita serta ide yang terlintas di dalam pikiran, tidak perlu selalu buku dan pulpen, dizaman yang semakin canggih ini terdapat berbagai fasilitas yang menunjang, seperti Smartphone, Tablet PC dan media lain dengan berbagai aplikasi, fitur dan sebagainya, kamu bisa mencatat ide dalam bentuk tulisan, merekam dalam bentuk suara dan cara-cara lain. Kenapa ada kata 'Segera', karena terkadang ide muncul secara tiba-tiba dan terlupakan secara tiba-tiba pula, maka catatlah segera sebelum ide itu hilang terbawa angin lupa.

Fifth, -Bergabung Dalam Komunitas-


Poin lima ini juga penting, dengan bergabung bersama penulis maupun calon penulis lain, kalian bisa saling sharing berbagai ilmu dalam menulis serta tips-tips lainnya, selain itu dengan bergabung dalam komunitas penulis, kesempatan kalian untuk sukses dalam menerbitkan cerita semakin besar karena kalian bisa langsung mempromosikan cerita pada para senior-senior di sana dan umumnya ada kemudahan dalam berhubungan dengan percetakan dan sponsor lainnya.

Sixth, -Mengirim Tulisan-


Setelah semua poin dijalani dan cerita yang kamu buat rampung, cobalah untuk mengirim tulisan kalian ke berbagai penerbit, baik itu koran lokal, nasional dan media cetak lain. Jangan langsung menyerah jika gagal beberapa kali, karena untuk menjadi penulis yang hebat itu dibutuhkan waktu, jadi teruslah berjuang dan bersemangat.

             Enam Poin diatas merupakan beberapa hal yang mesti di jalani dan diperhatikan dalam menulis, walaupun tidak 100% menjamin kalian menjadi penulis yang hebat dengan 6 poin diatas tapi 6 poin tersebut merupakn inti sari dari pendapat dan pengalaman para penulis yang sudah berhasil dan tenar, so Lakukan dan Rasakan Hasil serta Manfaatnya.

-Selamat Menulis-









0 komentar: