Images

Permainan Bola Besar, Bola Kecil, Perorangan dan Atletik

Hello Weekend :)

Salam Semangat Selalu. .

       Demi mengantisipasi terbentuknya lumut di blog ini karena kelamaan ga posting, mendingan posting tugas, sembari menunggu waktu lowong + Inspirasi buat nulis artikel-artikel ringan, kali ini postingannya berkaitan dengan Olahraga, yah dapat dilihat di judulnya. . Silahkan langsung di santap :)




PERMAINAN BOLA BESAR


1.1              Permainan Sepakbola

Sejarah Sepakbola

Sepak bola dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Bukti ilmiah ini memperlihatkan, diCina sejak dinasti  Han ada semacam sepakbola yang disebut “tsu chu” untuk melatih fisik para tentaranya. Di Jepang juga dikenal semacam  tsu sejak 1500 tahun lalu. Di Yunani juga dikenal dengan nama “epyskiros” dan diromawi kondang engan nama “harpastum” yaitu permainan dengan bola kecil, umumnya beberapa permainan  Yang berusaha menggiring bola ke piuhak lawan. Ada dugaan bahwa orang – orang Romawi bahwa Permainan intu ke inggris.Kemudian inggris memulai  perkembangan permainan  dengan sempurna sehingga menjadi permainan sepak bola seperti sekarang. Tanggal 26 Oktober 1863 Berdirilah The Football Assoociation di Landon.Organisasi ini menyusun permainan sepak bola.Pada tanggal 21 mai 1904,berdiri pula Federasi sepak bola internasional (FIFA ) di Paris kemudian pada tahun1930 Julius Rimet  Menyelenggarakan kejuaraan dunia pertama yang bertempat di Uruguai.

Tehnik Dasar Permainan Sepak Bola.

Menendang Bola
   
     Menendang bola adalah menyentuh,mendorong atau menyepak bola.Agar dapat menjadi pemain  sepak bola yang berkualitas,seorang pemain perlu dan factor dan utama mengembangkan kemahiran dalam menendang bola.Tujuan dalam menendang bola .Tujuan dalam menendang bola dalam hal ini adalah  untuk mengumpan, menembak ke gawang agar Ter jadi gol,dan untuk menghalau atau menyapu dalam rangka menggagalkan serangan atau permainan lawan.
Ditinjau dalam perkenaan bagian kaki terhadap bola ,maka menendang dapat dibedakan menjadi 4 macam,yaitu menendang dengan:

1.      Kaki bagian dalam
2.      Kaki bagian luar
3.      Punggung kaki
4.      Punggung  kaki bagian dalam



Mengontrol Bola

      Mengontrol bola merupakan salah satu teknik dalam permainan sepakbola yang digunakan untuk menghentikan datangnya bola dengan cara menggunakan salah satu anggota badan (kaki,paha,badan)  tujuan mengontrol bola adalah untuk mengatur tempo permainan, mengalihkan laju permainan, dan memudahkan untuk mengoper dan mengumpan bola.

      Bagian anggota tubuh yang biasanya digunakan untuk mengoper bola biasanyaadalah kaki, paha, dan dada bagian kaki yang biasanya digunakan untuk mnghentikan bola adalah kaki bagian dalam, kaki bagian luar, punggung kaki, dan telapak kaki.
       
Menggiring Bola

     Begitu anda telah menguasai bola, mungkin anda ingin melakukan operan atau tembakan langsung tapi hala yang paling menarik dari bola adalah membiarkan bola tetap dalam kendali anda dan menggiringnya di lapangan. Bila anda memperhatikan penggiring bola yang baik, bola tersebut seolah –olah menempel pada kakinya pada saat dia sedang lari. Tujuan inilah yang harus dicapai.

     Menggiring bola adalah menendang (menyentuh,mendorong) bola perlahan sambil berjalan atau berlari. Adapupuntujuan dari mengiring bola adalah untuk :

1.      Membawa bola kearah Gawang

2.      Melewati lawan

3.      Memperlambata atau mengatur irama permainan

Bagian kaki yang digunakan untuk menggiring bola adalah sama dengan bagian kaki untuk menendang bola
              
3.      Peraturan Permainan Sepak Bola

a.       Lapangan Sepak Bola

1.      Bentuk lapangan .Lapangan sepak bola berbentuk empat persegi panjang dengan panjang antara 91,8m-120m, lebarnya antara 46,9m-91,8 (untuk petandingan internasional panjang lapangan antara 100m-110m Danlebarnya antara 64,26m-73,44m).

2.      pembatasan lapangan. Lapangan permainan dibatasasi dengan garis yang jelas lebarnya tidak lebih 15cm. bendera sudut lapangan tidak lebih dari 1,5m. dan diletakkan pada keempat sudut lapangantitik tengah lapangan ditandai dengan titikyang jelas dan dikelilingi lingkaran tengah dengan jari-jari 9,15m.

3.      garis kotak gawang. Didepan gawang terdapat garis gawang sepanjang 18,30m yang berjarak 5,5m didepan gawang.

4.      daerah penalti. Pada setiap ujung lapangan digambar dua garis sejajar dengan panjang lapangna dan berjarak masing-masing 16,5m dari tiang gawang. Garis ini disatukan oleh sebuah garis lain yang panjangnya 40,3m sejajar dengan  lebar lapangan sejauh 16,5m didepan gawang. Daerah yang diapit oleh garis ini disebut daerah tendangan hukuman. Didalam daerah hukuman terdapat sebuah titikyang jaraknya 11m dari titik tengah garis gawang.

5.      daerah sudut pada setiap bendera sudut terdapat seperempat lingkaran yang berjari –jari 1 meter.

6.      Gawang. Gawnag diletakkan ditengah garis gawan, yang terdiri dari dua tiang tegak, yang tingginya 2,44m dan dihubungkan bdenan tiang horizontal (*yang panjangnya 7,32m). lebar tiang gawang tidak boleh lebih dari 15cm.

7.    Bola. 
                1. Bola berbentuk bulat, bagian luar terbuat dari kulit atau bahan lain yang               
                    Tidak membahayakan
                2. Keliling bola tidak lebih dari 71cm dantidak kurang dari 68cm.
                3. berat bola tifak lebih dari 453 gram dan tidak kurang dari 396 gram
                4. Tekanan udara 0,6-1,1 atmosfir
                                                                                                                              
 8.    Jumlah Pemain. 
                1. Jumlah pemain 11 orang salah satu diantaranya sebagai penjaga
                                gawang.
                            2. Jumlah pemain cadangan dari setiap regu maksimal 7 orang
                            3. Nama pemain cadangan harus diserahkan ke panitia pertandingan       
                                agar dapat ikut bertanding

  9.    Off – Side. Pemain tidak diperkenankan memainkan bola pada saat bola sedang berada dalam posisi offside. Jika berada lebih dekat dengan garis gawang lawan dibandingkan dengan bola pada saat bola tersebutsedang dioper kearah anda, kecuali terdapat dua orang pemain lawan atau lebih yang setidaknya berada sama dekatnya dari garis gawang mereka. Anda tidak dikatakan offside jika berada dalam daerah pertahanan daerah anda sendiri.   

Lapangan Sepak Bola


1.2             Permainan Bola Voli

Sejarah Bola Voli

            Permainan bola voli dicip takan pad atahun 1895 oleh William G. Morgan , yaitu seorang Pembina pendidikan jasmani di YMCA (young Men Cristian Association) dikota Holyoke, Massachusetts,amerika Serikat. William G. Morgan memainkan permainan diudara dengan cara pukul memukul, melewati jarring yang dibentangkan dengan lapangan yang sama luasnya. Bola yang digunakan saat itu adalah dari bagian dalam bola basket dan  jarring yang digunakan adalah jarring untuk main tennis .
           
            Pada mulanya, permainan ini diberi nama minotte. Kemudian atas saran dari Dr. Halsted Springfield namanya diganti menjadi volley Ball yang artinya memvoli bola secara bergantian. Mula-mula permainan ini hanya dimainkan dikalangan YMCA tempat morgan bekerja, baru pada tahun 1922,YMCA berhasil menyelenggarakan kejuaraan nasional bola voli yang pertama , dan berlangsung sampai tahin 1947. pada tahun 1948, dibenruklah organisasi bola voli didunioa dengan nama IVBF (Persatuanm Bola Voli Seluruh Indonesia) Di jakarta, Bersamaaan dengan kejuaraan nasional yang pertama.

Teknik Permainan Bola Voli

a. Servis
                        servis adalah pukulan atau penyajian bola sebagai serangan pertama kali ke daerah lawan dan sebagai tanda permulaan permainan. Servis tidak hanya sebagai permulaan permainan ataupun sekedar menyajikan bola tetapi hendaknya diartikan sebagai serangan awal untuk mendapatkan angka agar regunya memperoleh kemenangan. Servis dilakukan oleh pemainbelakang kanan yang berada didaerah servis untuyk memukul bola yang diarahkan ke daerah lawan. Cara melakukan servis pada umumnya dapat dilakukan dengan 4 cara, yaitu:1. servis tangan bawah,2. servis mengambang,3. servis topspin,dan4. mengambang melingkar.
           
1. Servis tangan bawah
            servis tangan bawah adalah jenis yang paling mudah dilakukan dibandingkan dengan jenis servis yang lain . denagn demikian,servis tangan bawah merupakan servis yang pertama kaliu untuk dipelajari dan ditujukan bagi pemula. Kelemahan servis tanagn bawah asdalah mudah diterima dan ;linasannya melambung tinggi sehingga mudah diabtisipasi oleh lawan

2. Servis Mengambang
            servis mengambang dipelajai setelah servis tangan bawah dapat dilakukan dengan konsisten. Disebut mengambang kareba gerakan bola dari hasil pukulan servis tidak mengandung putaran(bola berjalan mengapung atau mengambang). Kelebihan servis mengambang ini adalah bola sulit diterima oleh pemain lawan karena bola tidak bergerak dalam satu lintasan lurus dan kecepatan bola tidak teratur. Disamping itu gerakan bola melayang kekiri dan kekanan atau keatas dan bawah sehingga arah datangnya bola sulit diprediksi pemainlawan, sedangkan kelemahannya adalah tidak bertenaga,terkadang bola bergerak keatas hingga keluar.

3. Servis topspin
            servis topspin mermpunyai kelebihan bola bergerak dan jatuh tepat denagn cepat. Sedangkan kleemahannya adalah bola melayang dengan stabil, lebih sulit dilakukan ,tingkat konsistensi lebih rendah.

3.      Servis mengambang melingkar
Servis menagambang melinkar mempunyai beberapa keuntungan diantaranya adalah mnggnakan kumpulan otot yang lebih besar, tidak memerlukan banyak tenaga,bola diservis pada posisi lapangan lebih dalam. Adapun kelemahan servis ini adalah posisi tubuh tidak menghadap kearah lawan dan gerakannya tidak biasa dijumpai dalam cabang olahraga lain.

b. Passing
            Passing dalam permainan bola voli adalah usaha seorang peain bola voi denga mengguakan teknik tertentu untuk mengoper bola yang dimainkan kepada teman seregunya. Passing dapat dilakukan dengan dua tangan atau satu tangan. Passing dapat dilakukan dari atas (pass atas) dan dari bawah (pass bawah).        
                                   
a.       Smash
Smash adalah pukulan bola yang menukuk kearah lapangan lawan.  Terdirir dari:
1.      Awalan
2.      Tolakan
3.      Sikap saat perkenalan
4.      Sikap akhir

b.      Block

Block merupakan benten pertahanan yang utama untuk menangkis serangan lawan. Juika ditinjau dari teknik gerakan,blokbukanlah merupakan teknik yang sulit. Namun keberhasilan suatu blok presentasenya relative kecil karena bola smash yang akan diblok,arahnya dikendalikan oleh lawan(lawan selalu berusaha menghindari blok tesebut). Keberhasilan suatu blok dapat ditentukan oleh ketinggian loncatan dan jangkauan tangan pada bola yang sedang di[ukul lawan. Blok dapat dilakukan dengan pergerakan tangan aktif (kekanan dan kekiri saat tangan melakukan blok) atau juga pasif,artinya tangan pemain hanya dijulrkan keatas tanpa gerakan . blok dapat dilakukan oleh:

1.      Blok oleh satu pemain(perorangan) 
2.      Blok oleh dua orang atau tiga orang pemain
Bila blok oleh seorang pemai tidak dpat menangkis seranagn lawan,maka blok dpat dilakukan oleh dua orang atau tiga orang pemain. Blok ini paling sering dilakukan karena sangant efektif untuk membendung serangan lawan. Agar hasilnya sempurna, maka diperlukan kerjasama dari masing-masing pemainyang akan melakukan blok.

            Lapangan Permainan
Lapanagn permainanberbentuk empat persegi panjang denga ukuran panjang 18m dan lebar 9m,dikelilingi oleh daerah bebas mninmal 3m,dan ruang bebas dari rintangan sampai ketinggian minimal 7m dari permukaan lapangan permainan. 


Lapangan Voli


1.3       Permainan Bola Basket

             Sejarah Permainan  Bola basket

                        Asal usul tercetusnya prmainan bola basket adalah berawal dari menurunnya kegiatan olahraga didalam gedung olahraga YMCA di Springfield Massachusets Amerika. Menurunnya aktivitas olahraga tersebut diperkirakan karena kebosanan gerakan senam yang statis. Untuk menggiatkan kembali jumlah pengunjung kegedung olahraga perlu diciptakan jenis olahraga lain yang lebih menarik. Kemudian,dokter James A. naismith mencoba menyusun gagasan dengan membuat jenis olahraga dengan bola besar yang dapat dimainkan didalam gedung. Bola yang dipakai saat itu adlah bola yang lazim nya dipakai dalam sepakbola. Dengan bola itu ia mencoba apakah gagsannya itu dapat dipraktekkan. Pada tahun 1981 Naismith mulai menentukan sasaran berbentuk keranjang yang berlubang dibagian bawah. Ia mencoba memasukkan bolakedalam keranjang yang dipasang didinding dgedung. Dariasal keranjang inilah nama bola basket yang diciptakan oleh Naismith akhirnya terkenal diseluruh dunia.

Teknik Dasar Pemainan Bola Basket

a. Melempar dan menangkap bola

    1. Lemparan tolakan dada dengan dua tangan
            lemparan atu operan ini merupakan gerakan yang paling banyak dilakukan pada permainan basket. Operan ini sangat bermanfaat untuk opean jarak oendek,dengan perhitungan demi kecepatan dan ketepatan, terutama saat teman yang menerima tidak dijaga dengan ketat.

     2. Lemparan samping
            Lemparan samping berguna untuk operan jarak sedang sampai jarak jauh yaitu antara 8m sampai 20m atau lebih.

    3. Lemparan diatas kepala dengan dua tangan
            operan ini biasanya digunakan oleh pemain-pemain yang mempunyai postur tubuh tinggi,untuk menggerakkan bola diats kepala sehingga melampaui raihan tanganlawan.

    4. Lemparan pantulan
            lemparan pantulan dilakukan jika pemain lawan berdiri agak jauh, digunakan juga untu lemparan operan terobosan kepada temannya. Lemparan bisa dilakukan dengan memantulka bola kesmping kiri atau kanan lawan dan teman sudah siap menerima dibelakang lawan. Bisa juga dilakukan dengan cara menipu lawan ke samping kiri, padahal bola dilemparkan ke sebelah kanan atau sebaliknya. Agar tidak terserobot lawan maka lemparan harus dilakukan dengancepat.

   5. Lemparan bawah dengan dua tangan
            lemparan bawah dengan dua tangan sangant baik dilakukan untuk operan jarak dekat terutama bila lawan melakukan penjagaan satu lawan satu.
                                                                                                                                
b. Menggiring Bola

            Menggiring bola adalah suatu udajha untuk membawa bola kedaerah lawan. Pemainbasket boleh membawa lebih dari satu langkah.asalkan bola sambil dipantlkan, baik dengan berjalan maupun berlari. Dribel dapat dilakukan dengan tangan kiri atau tangan kanan secara bergantian, tetapi tidak boleh dengan kedua tangan secara bersamaan. Menggiring bola sangan bermanfaat untuk mencari peluang serangan terhadap lawan,menyusup pertahanan lawan,,mengacaukan petahanan lawan ,dan mempelambat tempo permainan.

c. Lay – Up (langkah menyerang)

            lay-up atau melangkah melayang adalah melangkah yang dilakukan dengan melayang untuk mendekati basket/keranjang,biasanya setelah lay-up dilanjutkan dengan tembakan kearah basket dengan tenaga yang sedikit sehingga seolah-olah bola itu diletakkan kedalam basket. Gerakan melangkah dlapat dilakukan dari menerima bola atau kegiatan menggiring bola. Lay-up tidak harus dilanjutka dengan tempakan kearah jarring,tetapi dapat juga dilanjutkan dengan mengoper atau mengumpan kepada temannya.

d. Menembak (shooting)

            menembak atau shooting dapat dilakukan dengan beberapa cara ,yaitu:

1. Menembak satu tangan diatas kepala
            menembak satu tangan diatas kepala harus diutamakan,sebab kecepatan menembak lebih terjamin dan koordinasi lebih mudah dikuasai ,bila dibandingkan dengan tembakan lain.

2.Menembak loncat dengan dua tangan
            Menembak loncat dengan dua tanganbagi pemula harus diawali dengan gerakan –gerakan tanpa bola ,kemudian dilanjutkan dengan enggunakan bola dengan arah tinggi melengkung menuju kawan didepannya.

3. Tembakan kaitan
            Tembakan kaitan adalah tembakan dengan sikap miring atau menyamping akeranjang dan bola dilepakan dari jarak jauh dari basket atau lawan sehingga lawan sulit untuk membendungnya. Tembakan ini sangat efektif untuk penyerangan jarak dekat jika daerah pertahanan lawan dijaga ketat.

e. Gerakan pivot
             Pivot merupakan gerakan yang berfungsi untuk melindungi bola dari lawan. Gerakan pivot dilakukan dengan memutar badan kesegala arah dengan salah satu kaki sebagai tumpuan (poros). Pivot harus mahir dilakukan oleh pemain yang berpostur tinggi yang diletakkan didekat ring basket agar mudah melakukan tembakan. Dengan gerakan pivot,seorang pemain dapat mencari peluang untuk mengoper bola,menggiring,atau melakukan tembakan.

Lapangan Permainan

             Lapangan permainan berbentu persegi panjang datar dan permukaanya keras. Ukuran lapangan panjang 28m(garis samping) dan lebar 15m (garis akhir/garis belakang) diukur dari dalam bagian dalam garis batas lapangan. Masing-masing garis tebalnya 5cm.


Lapangan Bola Basket

1.4       Permainan Bola Tangan
                       
            Pengertian permaianan bola tangan
                       
                        Permainan bola tangan adalah permainan beregu yang menggunakan bola sebagai alatnya,yang dimainkan dengan menggunakan satu atau dua tangan. Bola tersebut boleh dilempar,dipantulkan,dioperkan atau ditembakkan. Tujuanb permainan bola tangan adlah memasukkan bola sebanyak-banyaknya kegawang lawan,dan mencegah agar regu lawan tidak dapat memasukkan bola kegawang sendri.. terdapat dua macam permainan bola tangan,yaitu bola tangan dengan 11 pemain (outdoor handball) dan bola tangan dengan 7 pemain (ndoor handball).
           
            a. Lapangan (out-door handball)
               
1.      Panjang lapangan 90m-110m,dinamakan garis samping.
2.      Lebar lapangan 55m sampai 65m,dinamakan garis gawang.
3.      lebar tiang gawang 7,32m.
4.      Tinggi tiang gawang 2,44m.
5.      Titik-titik perpotongan garis lingkaran bebas dengan garis gawang disebut titik-titik lemparan hukuman penjuru.
6.      ditengah-tengah muka tiap-tiuap gawang terletak pada jarak 14m,terletak suatu tanda yang dinyatakan dengan garis yang panjangnya 1m,sejajar dengan garis gawang.
          
b. Bola

    1. Untuk putera senior (diatas 18 tahun)
         a. Berat bola antara 425-475 gram
         b. Lingkaran bola antara 58-60 gram.

    2 Untuk wanita senior dan pria yunior (dibawah 18 tahun)
         a. Berat bola antara 25-400 gram
         b. Lingkaran bola antara 54-56 gram

    3. Bola disebelah luar dibuat dari bahan kulit dan didalamnya karet.

Teknik permainan bola tangan

a. Melempar bola

    1. Lemparan dengan satu tangan dari atas bahu atau ats kepala
            jenis lemparan inibanyak digunakan dlam permainan,karena lemparan ini lebih mudah dan praktis dilakukan. Disamp[ing itu kecepatannya mudah diatur dan lebih tepat sasaran.

     2. Melempar bola dengan satu tangan dari samping badan
            Melempar bola dengan satu tangan dari samping badan digunakan hanya apanila dalam keadaan terpaksa. Misalnya pad asaat memegang bola dijaga ketat  dan rapat oleh lawannya sehingga tidak dapat untuk menggiring dan atu mengoper bola dengan jenis lemparan lain.

     3. Melempar bola dengan dua tangan dari depan dada
            lemparan ini diperlukan terutama untuk operan –operan jarak dekat,namunperlu dilakukan dengan cepat. Mengoper dengan dua tangan pad aprinsipnya harus dilakukan dengan pengerahan tenaga tubuh yang disalurkan kebola,bukan hanya tenaga lengan.

     4. melempar bola dengan dua tangan dari atas kepala
            Lemparan ini diperlukan terutama untuk operan jarak menengah danjarak jauh,terutama saat didepannya ada lawan yang menghadang. Mengoper bola dengan dua tangan pada prinsipnya harusdilakukan dengan pengerahan tenaga tubuh yang dislurkan kebola, bukan hanya tenaga lengan,maka besaran tenaga juga harus berbeda-beda

b. Menagkap Bola
            menangkap bola pad apemainan bola tangan memerlukan sikap tubuh tertentu sesuai dengan karatristik datangnya bola. Pada dasarnya,posisi tubuh untuk menangkap bola harus memungkinkan bola datang langsung kearah penagkap. Karena bola yang datang membawa tenaga atau gaya, maka prinsipnya menyerang gayayang dibawa bola saat sedang benar-benar harus diperhatikan. Adapun cara untuk meredam gaya yang dibawa bola tersebut yaitu dengan mengikuti rah datangnya bla dengan kedua lengan,dan menyalurkan gaya penahn sedikt demi sedikit terhadap bola yang datang. Ditinjau dari datngnya bola,maka menangkap bola dapat dibedakan ,menjadi 4 macam,yaitu: 

      1. Bola setinggi dada.
      2. Bola tinggi.
      3. Bola disamping badan(kiri/kanan)
      4. Bola menggelinding (menyusur tanah)
                                                                                                                                   
c. Menggiring Bola
            Menggiring bola merupaka keteampilan yang cuup sulit kaena memerlykan koordinasi beberapa anggota tubh,yaitu: mata,tanagn dan tungkai. Kegunaan menggiring bola adalah untuk mendekati gaeanglawan,mengacaukan pertahanan laan,memperlambat permainan,dan untuk menyusup pertahanan lawan.

d. Lay-up
            Lay-up dalampermainan bola tangan adalh yang paling efektif untuk mendekati sekaligus memasukkan bola kegawang lawan. Aspek teroenting yang perlu diperhatikan adalah irama langkah. Pemain harus dapat menangkap danmenguasai bola dengan baik,kemudian melakukan awaln 3 langkah (5 langkah apabila boladitangkap pada saat penembak sedang diudara) yang diijinkan sebelum melompat pada langkah yang terakhir.

e. Menembak (shooting)
            menembak adalah bentuk gerakan lemparan yang ditujukan untuk memasukkan bola kegawang. Agar berhasil,lempira yang dilakukan harus eksplosif,dengan mengerahkan seluruh kecepatan dan kekuatan dalm waktu yang snagnt singkat sehingga menghasilkan gerak laju bola yang cepat. Banyak cara untuk melakukan shooting. Berdasarkan teknik saat pelepasan bola dan posisinya terhadap tubuh,maka shooting dibedakan menjadi1. the standing throw shot,2. the jump shot,3. the drive shot,4. the fall shot,5. the side shot,6. the reserse shot.




PERMAINAN BOLA KECIL


2.1              Permainan Softball

Pengertian permainan softball

            Permainan softball disebut juga indoor-baseball,termasuk olahraga regu yang dapat dikelompokkan kedalam permainan bola pukul. Sekilas permainan ini mirip permainan bola kasti,tetapi dalam permainan softball benar-benar memerlukan ktangkasan dan menguras banyak pikiran. Cara memainkannya ialah seorang pemukul melakukan pkulan terhadap bola yang dilemparkan pitcher (pelempar bola). Bola dipukul dengan menggunakan alat pemukul  (bater). Pelempar bola bertugas dari tengah lapangan,dimana anggota regunya bertugas ditiga home base,4diluar lapanagn,satu di home plate. Seorang pemukul,harus berhasil mengelilingi semua base sebelum bola mengenai base yang ditujunya.pemukul dapat menolak lemparan bola yang dirasa tidak sesuai. Akan tetapi lemparan ketiga harus dipukul.

            Pertandingan soft ball dilakukan dengan masing-masing regu memperoleh 7 kali giliran memukul. Satu regu memukul berarti regulainnya melempar dan menjaga. Seorang pemukul dengan pukulan yang sah didalam lapangan,boleh berlari menuju base. Kemudian ia erlari ke base berikutnya,ketika bola masih dimainkan penjaga atau pelempar tau sesudah pemukul berikutnya  berhasil memukul dengan baik.

            Cara memperoleh nilai adalh apabila sipemukul baik atas pukulannya sendiri atau pukulan kawannya, berhasil kembali ke home-plate dengan selamat. Pemain ini memperoleh nilai1. kemenangan diperoleh apabila suatu regu berhasil memperoleh nilai lebih banyak dari regu lawan.

            Lapangan permainan

            Lapanagn permainan softball berbentuksegiempat dengan panjang sisi-sisinys 16,76m jarak dari pelempar (pitcher plate) ke home base adalah 13,07 m. ukuran tempat pitcher plateadalah 60x15cm. lapangan permainan dilengkapi dengan 4 base atau home plate. Home plate I,II,III terdapat 5 sampai 12,5 cm. home base IV atau home  plae berukuran 43x22cm.

            Perlengkapan permainan

                        Semua pemain dalam tim harus menggunakan seragam yang terdiri dari: topi,kaos tim,selanapanjang,sepatu,dan kaos kaki. Untuk penjaga(catcher harus menggunakan sarung tangan yang terbuat dari kulit tebal seberat 283,33 gram. Untuk penjaga dibelakang,selain sarung tangan juga pelindung muka dan kepala (masker mask),pelindung badan (body protector).
                        Bola terbuat dari kulit berwarna putih dengan berat 190 gram dan kelilingnya 30cm. alat pemukul terbuat dari kayu sepanjang 40cm.
           
            Teknik dasar permainan softball

            a. Melempar bola
                1. Memegang bola (grip).
                2. Lemparan atas (overhand throw).
                3. Lemparan samping(side hand throw).
                4. Lemparan bawah (Lemparan bawah).         
                                                       
            b. Menangkap bola
                1. Menangkap bola gulir tanah(ground-ball)
                2. Menangkap bola lambung(fly ball)
                3. Menangkap bola lurus(straight ball)

            c. Memukul Bola
                        memukul bola didalam permainan softball dapat dibedakan menjadi 2 macam,yaitu memukul boladengan ayunan benuh(swing)dan memukul bola tanpa ayunan (bunting). Kedua macam pukulan tersebut bertujuan untuk:

1.      Mencapai base didepannya
2.      membuat nilai.
3.      memberi kesempatan pelari didepannya untuk maju ke base didepannya.
Adapun prinsip-prinsip memukul bola yang harus dikuasai moleh seorang peman softball adalah:
1.      Cara memegang bola.
2.      Cara berdirinya(stance).
3.      Cara melangkahkan kai atau menggeserkan kaki (straide),cara mengayunkan alat pemukul.
4.      Gerak lanjutan sipemukul.
           
1.      Pukulan ayyanan penuh(swing)
2.      Pukulan tumbuk(bunting).
           
            d. Sliding
         sliding adalah meluncurkan badan dalam rangka mencapai base. Dalam melakukan sliding pelari tidsk boleh mengurangi kecepatan larinya. Penggunaan teknik slidin ini bertujuan untuk mengurangi laju lari kearah base tanpa kehilangan tempo atau waktu dan dapat berhenti tepat di base da unutk menghindari sentuhan bola oleh lawan sehingga dapat mencapai basenya dengan selamat. Macam-macam sliding dapat dibedakan sebagai berikut:

1.      Sliding lurus (straight leg slide)
2.      Sliding mengait (hook slide)
3.      Sliding dengan kepala lebih dulu (head first slide)

            Taktik Penyerangan dan Pertahanan

            a. Taktik penyerangan
                        Tiap pertandinga harus mempunya taktik penyerangan,baik secara individu maupun taktik regu. Mengiungat penyerangan merupakan salah satu car a untuk mematahkan lawan,maka setiappemain harus mempunyai taktik penyerangan yang akan dilakukan dengan aktif dan progresif. Teknik penyerangan disamping ditentukan oleh penguasaan teknik dari pemain seperti kecakapan memukul,lari,sliding,dan sebagainya jugaoleh siasat penyerangan yang diatur oleh team manager atau bage coach.

            b. Taktik pertahanan
                        pemain bertahan benar-benar dalam keadaan menerima serangan lawan dan mengharapkan lawannya melakukan kesalahan-kesalahan sehingga dengan demikian lebih mudah mematahkan serangan lawan tersebut. Pada dasarnya taktik pertahanan adalah mencegah regu lawan mendapatkan nilai,sehingga sedapat mungkin setiap pelari dicegah jangan sampai maju kebase berikutnya,yang akan memungkinkan mendapat nilai.



Lapangan Softball




2.2       Permainan Baseball
           
            Sejarah Permainan Baseball

                        Permainan ini diciptakan oleh Abner Doubleday dari Coperstown New York tahun 1893. kemudian pad atahun 1845 Alexander J.Cartwright membuat peraturan bermain baseball,peraturan itu menetapkan adanya beberapabase(benteng) dengan masing-masing jarak 27m

                        Mereka juga menetapkan adanya home base,foul base,strike base,tree out,tree out innings serta tidak lebih dari 9 pemain dalam setiap regu. Tetapi pad atahun 1846,Knickerbockers,sebuah klub baseball di New york mencatat sejarah, karena kekalahannya dari Yew York nine,23 lawan 1 dalam 4 innings.

                        Sejak itulah klub-klub amatir bermunculan ,bahkan bertebaran dikota-kota lain didekitarnya sampai terjadinya perang saudaratahun1861-1865,permainan ini terus saja berkembang. Sehingga dalam waktu singkat,baseball munsu. Menjadi the great American Psatisme atau penghabis waktu senggang bagi orang Amerika.     
                                    
                        Diindonesia sendiri,tidak jelas kapan mulai berkembang. Namun,karena permainanin tidak begitu berbeda dengan pemainan softball,lalu digabung menjadi satu adah. Meskipuncra bermain dan ukuran berbeda,kedua cabang olahraga ini dihimpundalam satu organisasi yang bernama PERBASI atau persatuan Baseball dan Softball Amatir seluruh Indonesia.
           
            Melempar dan Menangkap bola

            a. Melempar bola

                1. Lemparan bola pitcher
                        lemparan bola yang dilakukan oleh setiap pitcher mempunyai gaya dan teknik melempar sendiri. Bebrapa pitcher melempar dengan gerakan melelbihi tanagn,yang lainnya menggunakan cara melempar bola tiga perempat dan beberapa yang lainnyamasih memaki cra pelemparan bola disisi lengan atau bahkan dibawah tangan. Jenis-jenis plemparan bola dapat diklasifikasikan ,menjadi tiga kelompok,yaitu:a. bola cepat,b. perubahan gerakan bola,dan c.satu atau lebih lemparan khusus yang tetap.

            b. Menangkap Bola

                        menangkap bola dapat dilakkan dengan satu atangan dan dua tanagn. Teknik menangkap bola baseball yaitu:
                1. Menangkap bola gulir tanah(ground-ball)
                2. Menangkap bola lambung(fly ball)
                3. Menangkap bola lurus(straight ball)

            c. Memeukul Bola (batting)

                        Memukul bola didalam permainan softball dapat dibedakan menjadi 2 macam,yaitu memukul boladengan ayunan benuh(swing)dan memukul bola tanpa ayunan (bunting). Kedua macam pukulan tersebut bertujuan untuk:

1.      Mencapai base didepannya
2.      membuat nilai.
3.      memberi kesempatan pelari didepannya untuk maju ke base didepannya.

Adapun prinsip-prinsip memukul bola yang harus dikuasai moleh seorang peman softball adalah:

1.      Cara memegang bola.
2    Cara berdirinya(stance).
3.   Cara melangkahkan kai atau menggeserkan kaki (straide),cara mengayunkan alat
       pemukul
4.      Gerak lanjutan sipemukul.
           
   1.    Pukulan ayyanan penuh(swing)
   2.    Pukulan tumbuk(bunting)

d. Sliding
         sliding adalah meluncurkan badan dalam rangka mencapai base. Dalam melakukan sliding pelari tidsk boleh mengurangi kecepatan larinya. Penggunaan teknik slidin ini bertujuan untuk mengurangi laju lari kearah base tanpa kehilangan tempo atau waktu dan dapat berhenti tepat di base da unutk menghindari sentuhan bola oleh lawan sehingga dapat mencapai basenya dengan selamat. Macam-macam sliding dapat dibedakan sebagai berikut:

1.      Sliding lurus (straight leg slide)
2.      Sliding mengait (hook slide)
3.      Sliding dengan kepala lebih dulu (head first slide)
                                                                                                                                        
            e. Taktik Mematikan lawan
         Taktik mematikan lawan adalah salah satu cara dengan didasari siasat terytentu dengan tujuan lawan tidak dapat melanjutkan permainan. Taktik mematikan lawan dapat dilakukan melalui:

1.      Taktik pitcher.
2.      Taktik penjaga base pertama,base kedua dan ketiga.
3.      taktik shotshop,pemain lapangan bagian tengah,pemainlapangan bagian kiri dan pemainlapangan bagian kanan.






PERMAINAN PERORANGAN


3.1 Permaianan Bulutangkis
                 
      Sejarah Permainan Bulutangkis

                  Permainan bulutangkis telah ada pada sekitar abad ke 12 dilapangan olahraga kerajaan Inggris. Juga ada bukti yang menyatakan bahwa anggota kerajaan diPolandia memainkan olahraga ini pada abad ke 17 atau permulaan abad ke 18. di India permainan ini dimankan di Poona disana. Belum jelas apakah perwira-perwira Inggris yang memebawa olahraga ini ke India,atau sebaliknya mereka membawa permainan ini dari India ke Inggris. Yang dapat dipastikan nama Badminton untuk bulutangkis di dapatkan dari nama kota badminton,tempat kediaman Duke of beaiford. Pada saat itu kemungkinan dimainkan dalam ruangan umtuk pertama kalinya. Akhirnya Badminton menjadi popular di Inggris. Pada tahun 1890-an dibentuklah asosiasi Bulutangkis(Badminton Association). Pada tahun 1934 tercetuslah ideuntuk membentuk organisasi atau badan bulutangkis internasional yang menampung kegiatan-kegiatan permainan bulutangkis dunia. Pada tahun 1948-1949 pertama kalinya diselenggarakan kejuaraan beregu putra yang diberi nama homas Cup. Dan pada tahun 1956-1957 untuk pertama alinya diselenggarakan kejuaraan beregu putrid yang disebut Uber Cup.

Teknik permainan bulutangkis

a. Servis
                  Servis adalah pukulan yang mengawali permainan. Servis dilakukan dengan memukul shuttlecock dan menerbangkannya ke lapangan lawan. Servis dalam bulutangkis sangat penting,karena sebagai awal untuk memperoleh nilai. Servis dapat dilakukan dengan uga cara,yaitu :

  1. Servis panjang
  2. servis pendek
  3. servis kejut
  4. servis mendatar
1. Servis panajng (long service)
                  servis panjang digunakan untuk permainan tunggal,sasaran shuttlecock kedekat garis belakang dan menukik tajam lurus kebawah. Pukulan ini paling banyak menggunakan tenaga dibandingkan dengan pukulan servis yang lain. Pukulan servis ini dapat dilakukan dengan forehand.

2. Servis pendek
                  swerves pendek diarahkan pada sasaran kearah depan lapangan lawan. Servis pendek biasanya dilkukan pada permainan ganda. Namun kadang-kadang permainan tunggal juga melakukannya. Servis ini dapat dilkukan dengan backhand maupun forehand

3. Servis kejut
                  servis kejut adalah cara servis yang dilkuakan seperti servis pendek. Namun, pada saat hamper meyentuh shuttlecock,secra tiba-tiba lengan dilecutkan sehingga laju shuttlecock menjadi kencang dan melambung kebagian belakang daerah servis. Servis ini biasanya banyak digunakan pada pemainan ganda.

4. Servis mendatar
                  servis mendatar biaanya banyak digunakan pada pemainan ganda oleh pasangan yang bermain dengan cara berdampingan. Dalam permainan tunggal servis ini juga sering digunakan,terutama jika diketahui bahwa lawan kurang bagus dalm mengembalikan shuttlecock dengan alju datar. Servis mendatar juga dapat dimaksudkan untuk permainan tajam.             

b. Memukul Shuttlecock

1. Pukulan ayunan raket dari bawah9under arm stroke0
   a. Servis panjang,pendek,drive dan kejut
   b. mengangkat shuttlecock tinggi
   c. pukulan netting

2. Pukulan mendatar atau menyamping
   a. Lob(Offisiensif lob dan difensif lob).
   b. Drive
   c. Dropshot
   d. Around the head

3. Pukulan dari atas kepala
   a. Lob(difensif lob dan offensive lob)

1. Pukulan dari atas kepala

   a. Pukulan lob(clear)
            Pukulan lob adlah pukulan yang bertujuan untuk menerbangkan Shuttlecock setinggi mungkin kearah jauh kebelakang garis lapangan lawan.

   b. pukulan dropshot
            Dropshot merupakan betuk pukulan yang meluncurkan shuttlecock kedaerah lawan sedekat mungkin pada net. Pukulan ini lebih banyak membutuhkan perasan agar shuttlecock jatuh tipis diatas net,sehingga sulit dijangkau lawan.

   c. pukulan smash
            pukulan smash adlah pukulan yang keras dan tajam denga tujuan untuk mematikan lawan secepat-cepatnya. Gerakan smash hamper sma dengan gerakan lob an dropshot,perkenaan net dapat lurus dapat juga miring. Pukulan smash lebih mengandalkan power lengan serta lecutan pergelangan tangan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka usahakan shuttlecock dipukul didepan badan dalam posisi raket condong kedepan serta merupakan hasil maksimal dari koordinasi antara gerakan badan,lengan dan pergelangan tangan.

   d. Pukulan melingkar diatas kepala
            pukulan melingkar diatas kepala adlah jenis pukulan overhead yang dilkukan dengancara melewati belakang atas kepala kearah backhand. Biasanya shuttlecock kesebelah kiri oleh pemain diambil(pegangan tangan kanan)dengan car backhand. Pukulan melingkar diatas kepala berfungsi untuk mempercepat tempo permainan dan mempermudak untuk mengatur dan mengendalikan serangan. Pukulan ini banyak dilakukan dengan pegangan forehand meskipun beberapa pemai lebih memilioh melakukan pukulan dengan pegangan mirip Frying pan (panci penggorengan).

2. Pukulan dari samping
            Pukulan dari samping badan atau mendatr dinmamkan drive. Pukulan ini dilakukan untuk serangan atau menegembalikan shuttlecock dengan sepat kedaerah lawan(diagonal atau lurus). Pukulan dari samping bisa dilkukan dengan backhand maupun forehand.

   a. Forehand drive
            Pukulan forehand drive dilakukan disisi kanan pemain.
   b. Backhand drive
            Pukulan forehand drive dilakukan disisi kiri pemain                                                                                                                                

3. Pukulan netting

            Pukulan netting merupakan pukulan pendek yang dilakukan didepan net dan diarahkan didepan net didaerah lawan. Pukulan ini memerlukan kecermatan dan perasaan,karena jatuhnya shuttlecock harus setipis mungkin dengan net

   a. Netting tanpa sodokan
   b. netting dengan sodokan kedepan

Lapangan permainan
   a. lapangan berbentuk empat pesegi panjang dan dibatasi oleh garis selebar 0,40cm.
   b. Garis harus mudah dilihat dan sebaliknya berwarna putih


Lapangan Bulutangkis


3.2 Permainan Tenis Meja

     Pengertian

            Tennis meja merupakan suatu olahraga yang dimainkan didalam gedung(indoor game) oleh dua atau empat orang. Pada permainan ini digunakan bet dari kayu yang dilapisi karet untuk memukul bola melewati net yang digantngkan diatas meja dan dikaikan pada dua tiang net.

Teknik permainan tennis meja

   a. Teknik memegang bet

         1. Shakehands grip
            Cara memegang shakehands grip adalah cara memegang yang paling multigun,paling   terkenal dan paling disarankan. Cara ini paling cocok untuk backhand

         2. Penhold grip
            pegangan ini sangant cocok untuk pukulan forehand,tetapi lemah dalam backhand. Pegangan ini sangant baik bagi pemain yang dapat menggerakkan kai dengan cepat,karena oemain yang menggunakan penhold grip sering terpaksa melkukan pukulan forehand dari sisi backhand untuk menutupi klemahan backhand.                                          

   b. Servis

            Servis adalah pukulan pertama yang dilaukan oleh server.pukulan ini dimulai dengan bola yang dilambungkan keatas dari telapak tangan yand terbuka dan kemudian dipukul dengan bet. Servis adalah kesempatan pertama untuk menguasai prmainan dan memegang inisiaif.

      1. Servis Topspin

            Servis topspin memungkinkan anda melakukan servis lebih cepat dari servis lainnya. Servis topspin dapat dillakukan dengan sangat cepat pada setiap bagian meja pada setiap bagian meja,dan pukulan ini sering memaksa lawan memberikan bola tinggi. Kecepatan servis topspin tergantung pada perkenaan bola menyerempet atau memukulnya mendatar . untuk spin yang maksimum,pukul bola dengan gerakan meneyerempet dari arh atas. Untuk kecepatan yang maksimum,lakukan servis menyilang agar bola mempunyai lebih banyak waktu sebelum jatuh.

      2. Servis backspin

            Servis backspin memungkinkan anda melakukan servis lebih cepat dari servis lainnya. Servis backspin dapat dillakukan dengan sangat cepat pada setiap bagian meja pada setiap bagian meja,dan pukulan ini sering memaksa lawan memberikan bola tinggi. Kecepatan servis backcpin tergantung pada perkenaan bola menyerempet atau memukulnya mendatar . untuk spin yang maksimum,pukul bola dengan gerakan meneyerempet dari arah atas. Untuk kecepatan yang maksimum,lakukan servis menyilang agar bola mempunyai lebih banyak waktu sebelum jatuh.

   c. Memukul bola

      1. Push (mendorong).
         a. Push forehand
         b. Push backhand

      2. Pukulan kontra serangan
         a. Pukulan kontra serangan forehand
         b. Pukulan kontra serangan backhand

      3. Looping
            Looping mungkin merupakan pukulan yang paling penting dalm tennis meja. Loopadalah pukulan topspin yang sangant keras yang silakukan hanya dengan meyerempet bola kearah ats dan kedepan. Looping terdiri dari

         a. Looping forehand
         b. Looping backhand

      4. Bloking
            Blok adalah cara yang paling sederhana untuk mengembalikan pukulan yang keras.blok lebih sedrhana dari pukulan,untuk itu kebanyakan pelatih mengajarkan blok terlebih dahulu daripada pukulan. Blok dapat dilakukan baik dengan forehand maupun backhand.
         a. Pukulan forehand-block
         b. Pukulan backhand-block

      5. Chopping
            chopping adalh pengembalian pukulan backspin yang sifatnya bertahan. Kebanyakan pemain yang menggunakan chop mundur sekitar 5 hingga 15 kaki dari meja,menegembalikan bola rendah denganmenggunakan backspin . pukulan chopping akan mmbantu sebagai variasi walupun hanya menggunakan sekali-sekali.

         a. Chop forehand
         b. Chop backhand

Lapangan Tenis Meja

ATLETIK


Pengertian Atletik

            Istilah atletik berasal dari kata athlon (bahasa tunani) yang berarti berlomba atau bertanding. Istilah lian yang mengguinakan istilah atletik adlah athletics (bahasa inggris),athletiek (bahsa belanda),athletique (bahasa perancis),athletick (bahasa jerman).

            Atletik adalah salah satu olahraga tertua yang telah dilakukan manusia sejak jaman purba hingga sekarang. Bahkan,boleh dikatakan sejak manusia ada dibumu ini atletik sudah ada. Karena gerakan –gerakan yang ada pada olsh raga atletii seperti berjalan,berlari, melompat, melempar adalah gerakan yang dilakukan manuasia dala kehidupannya sehari-hari.

*Nomor-nomor yang dilombakan dalam nomor lari:

1. Lari jarak pendek (sprint): 100m,200m,400m.
2. lari jarak menengah 9midle distance):800m,1500m.
3. lari jarak jauh (long distance):3000m,5000m,10000m.
4. Lari marathon:42,195m
5. lari khusus :lari gawang 100m,110m,400m,dan lari haling rintang 30900m.
6. lari estafet: 4X100m,dan 4X400m.

*Nomor jalan: 5km,10km,20km,dan 50km
*Nomor lempar: lempar lembing,lempar cakram,lontar martil,dan tolak peluru.
*Nomor lompat:lompat jauh,lompat tinggi lompat jangkit,da lompat tinggi galah.

Teknik Nomor Lari

1. Teknik lari jarak pendek

      a. Teknik start

         Teknik start untuk lari jarak pendek adalah strat jongkok (shrouching start). Start jongkok dibagi jadi 3 macam,yaitu:10 start pendek (binch starty),20 start  menengah (medium start),30 start peanjang (long start).perbedsan ketiga teknik tersebut terketak pada penempatan ujung kaki bagian depan dengan lutut kaki bagian belakang. Sedangkan sikap badan,lengan dan lainnya hamper sama.

      b. Prinsip daar latihan start jongkok pada lari jarak pendek

      1. Bersedia
      2. Posisi siap
      3. Posisi pada aba-aba “ya”
      c. Teknik melewati garis start
1. dengan cara lari terus secepat-cepatynya melewati garis finish dengan tidak mengubagh posisi lari.
      2. saat akan menyentuh pita atau meleawti garis inish badan dicondongkan kedepan
3. saat akan melewqati garis finish dada diputar sehingga salah satu bahu maju kedepan terlebih dahulu. 
                                                                                                                         
2. Teknik lari jarak menengah

      a. Teknik start
         pada umumnya menggunakan teknik start berdiri,kecuali pada lari jarak 800m ada juga yang menggunakan start jongkok tetapi jarak yang memakai balok start.

1.Sikap permulaan
2.Gerakan pelaksanaan
      a. Bersedia
      b. Posisi siap
      c. Posisi pada aba-aba “ya”

3.Teknik melewati garis finish

1. dengan cara lari terus secepat-cepatynya melewati garis finish dengan tidak mengubagh posisi lari.
      2. saat akan menyentuh pita atau meleawti garis inish badan dicondongkan kedepan
3. saat akan melewqati garis finish dada diputar sehingga salah satu bahu maju kedepan terlebih dahulu.

3. teknik lari jarak panjang

       a. Teknik start
         pada umumnya menggunakan teknik start berdiri,kecuali pada lari jarak 800m ada juga yang menggunakan start jongkok tetapi jarak yang memakai balok start.

1. Sikap permulaan
2. Gerakan pelaksanaan
      a. Bersedia
      b. Posisi siap
      c. Posisi pada aba-aba “ya”
3 Teknik melewati garis finish
1. dengan cara lari terus secepat-cepatynya melewati garis finish dengan tidak mengubagh posisi lari.
      2. saat akan menyentuh pita atau meleawti garis inish badan dicondongkan kedepan
3. saat akan melewqati garis finish dada diputar sehingga salah satu bahu maju kedepan terlebih dahulu.

4. Lari Estafet

      lari estafet yang dilombakan diolimpiade adlah nomor 4x100m dan 4x400m. sasaran dalam lari nomor 4x100m adalah pelari melemparkan tonkat sambil berlari pada kecepatan maksimu. Operan non-visual (tidak melihat) digunakan, arinya pelari didepan tidak perlu menoleh kenbelakan g untuk meraih tonkat. Pada lari estafet 4x400m memiliki 3 zona pengoperan masing-masing bejarak 20m. dalam estafet 4x400m pelari berlari pada jalurnya hanya pada putaran petama da tikungan putaran kedua. Tidak digunakan derah pengoperan seprti pada lari estafet 4x100m. pengoperan tongkat mengguakan teknik visual (melihat), maksudnya pelari yang akan menerima tiongkat berpaling untuk melihat kebelakang yang memegang tongkat dan mengambil tonkat dari tangan pelsari tersebut. Terdfapat dua teknik operan tongkat yaitu:

1. teknik upsweep
      Pelari yang akan mengoperkan tonkat megoperkan tongkat sdengan cara menbdorong sejauh mungkin keatas ketangan pelari didepannya.penerima memegang tonkat dengan diantara huruf “v” yang dibentuk dari ibu jari tangan yang m,enerima.

2. teknik downsweep
      Pelari akan membawa tonkat mengoperkan tongkat dengan mendorong kedepan bawah pada telapak tangan penerima..                                                                                                                        

5. Lari Gawang

         Lari gang yang diperlombakan adlah 110 m untuk putra dan 100m untuk puteri,serta 400m putra dan putrid. Adapuntinggi gawang yang digunakan adlah :

         a. Untuk 110m = 106,7 centimeter.
         b. Untuk 100 m kurang dari 106,7cm
         c. Untuk 400 meter putra = 91,4cm
         d. Untuk 400m putrid = 84,cm

Lapangan Permainan

1.Satu keliling lintasan lari panjangnya 400m. lintasan tersebut dibatasi dengan garis yang dibuat dari semen,kayu,atau bahan lain yang lebarnya 5cm dan tingginya 5cm.

2. untuk pertandingan internasional litasan sekurang-kurangnya ada 6 lintasanb dan idealnya 8 lintasan.

      3. lebar setiap lintasan lari minimum 1,22m dan maksimum 1,25m
. kemiringan lintasan yang diijinlan tidak melebihi 1:100 untuk kemiringan kesamping dan 1:1000 untuk kemiringan pada arah lari.

Nomor Jalan Cepat (Walks)

1.Teknik Start
2.Teknik jalan Cepat

   Pada sat jalan berjalan salah satu kakinya harus selalu kontak dengan tanak. Jika melanggar,maka petugas akan memperingatkan. Jiia kesalhan itu dilakukan itu dilakukan lagi maka pelari akan dikeluarkan dari lomba.

3.Melewati Garis Finish
   Tidak ada teknik khusus melewati garis finifh,karena pejalan cepat akan terus berjalan cepat melewati garis finish.

Nomor Lempar

1.teknik dasar nomor lempar
   a. Teknik tolak peluru
   b. Sikap badan pada waktu menolak
      sikap badan pada waktu akan menolakkan peluru ada dua cara,yaitu: sikap menyamping dan sikap membelakangi arah tolakan.

1.      Cara sikap badan membelakangi
2.      Cara sikap badan menyamping
c. Sikap badan setelah menolak peluru

      2. Perlengkapan tolak peluru
a. Sektor lemparan/lapangan dibatasi oleh dua garids yang menuju ke pusat lingkaran,melewati tepi baloklemparan yang panjangnya 1,22m,tinggi 10cm,dan tebal 11,4cm.

b. peluru terbuat dari logam besi 9besi,tembaga,kuningan) berbentuk bulat dengan berat peluru untuk pria 7,26kg dan untuk wanita 4kg.

         c. diameter peluru untuk pria (110-130)cm. untuk wanita (95-110)cm.
         sepatu yang digunakan mempunyai poermukaan yang keras dan tanpa paku.





Nomor Lempar Lembing

      1. Teknik lempar lembing
         a. Cara memegang lembing
Lembing harus dipegang pada daerah pegangan. Yaitu pada tali yang melilit lembing. Ada dua cara memegang lembing:

1.      Memegang cara Amerika
2.      Memegang cara Finlandia

          b.  Sikap badan saat akan melempar lembing
          c. Cara melempar / melepaskan
          d. sikap akhir atau gerak lanjut
     
      b. Lapangan permainan

1. Ukuran lapangan lempar lembing yang digunakan untuk perlombaan adalah sebagai berikut.

2. Lembing terbuat dari kayu atau metal,berbentuk panjang dan bulat yang pada ujungnya dipasang mata lembing yang runcing. Ukuran lembing untuk pria panjangnuya (2,6-2,7)m dengan berat 800gram. Untuk wanita panjangnya 2,2-2,3)m dengan berat 600gram.


Nomor Lempar Cakram

1. Teknik dasar nomor lempar

a. Teknik lempar cakram
b. Sikap badan pada waktu melempar
sikap badan pada waktu akan melempar cakram ada dua cara,yaitu:           
                  
1.  Cara sikap badan membelakangi
2 . Cara sikap badan menyamping

      c. Sikap badan setelah melempar peluru
      d. Sikap akhir atau gerak lanjut.

2. Perlengkapan lempar cakram.
      Cakram terbuat dari kayu atau bahan lain yang sesuai (badan cakram). Dengan pinggiran dri metal atau besi yang dibuat bulat. Cakram berbentuk bulat,pipih dan cembung ketengah.ukuran cakram untuk pria bergaris tengah (219-221)mm,tebal bagiantengah (50-57)mm dan bagian pinggir (44-46)mm,dan beratnya 2kg. untuk wanita cakram bergaris tengah (180-182)mm,ketebalan bagian tengah (50-57)mm dan bagian pinggir (37-39)mm. berat cakram 1kg.

Nomor Lompat

1. Nomor lompat jauh
      Lompat jauh adal;ah suatu bentuk gerakan melompati mengangkat kaki keatas kedepan dalam upaya membawa titik berat badan selamam mungkin diudara yang dilkukan dengan cepat dan dengan jalan melakukan tolakan pada satu kaki untuk mencapai jarak yang sejauh-jauhnya.
Lompat jauh terdiri dari beberapa bagian
                                                                                                                            
a. Awalan
      awalan adalah gerakan permulaan dalam usaha mendapatkan kecepatan pada waktu akan melakukan tolakan

b. Tolakan atau tumpuan
      tolakan adalah perubahan atau perpindahan gerakan dari gerakan horizontal kearah vertical yang dilakukan dengan cepat.

c. Sikap badan diudara
      sikap tubuh saat diudara (melayang) ada 3:
1.gaya jongkok(tuck style)
2.gaya menggantung atau melenting (hang style)
3.gaya berjalan diudara (walking in the air style)

d. mendarat (landing)

Lapangan Lompat Jauh

sikap atau gerakan pada saat diudara

2. Nomor lompat tinggi (high jump)

      Lompat tinggi adalah suatu bentuk gerakan melompat mengangkat kaki keatas kedepan dalam upaya membawa titik berat badan setinggi mungkin jatuh yang dilakukan dengan cepat dan dengan jalan melakukan tolakan pada satu kaki untuk mencapai jarak yang sejauh-jauhnya.
Lompat tinggi terdiri dari beberapa bagian :

a. Awalan (run-up)
b.Tolakan (take off)

   Tolakan adalah perubahan atau perpindahan gerakan dari gerakan horizontal kearah vertical yang dilakukan dengan cepat. Gerakan perpindahan itu dilakukan pada tiga langkah yang terakhir sebelum melompat. Perpaduan antara kecepatan awalan dan kekuatan tolakan kaki yang dapat dilakukan dengan cepat dan tepat. Merupakan modal dasar untuk meraih prestasi setinggi tingginya.
                                                                                                                                     
c. Sikap badan diatas mistar
Sikap badan diatas mistar dibentuk mulai sari dilepasnya kaki tolak dari tanah,kemudian melyang diudara untuk melewati mistar. Pada pelaksanaannya didapat beberapa gaya:

1.      Gaya gunting (the scissors style)
2.      Gaya guling perut (the straddle style)
3.      Gaya flop (fosbury flop)

3. Nomor lompat jangkit
      Lompat jangkit adalah suatu bentuk gerakan lompat yang merupakan rangkaian urutan gerakan yang dilkukan denganberjingkat (hop),melangkah (step) dan melompat (jump) dalam usaha mencapai jarak yang sejauh-jauhnya.

1. Teknik lomoat jangkit

      a. awalan
            awalan adalah gerakan permulaan dalam usaha mendapatkan kecepatan pada waktu akan melakukan tolakan.

      b. tolakan
         1. tolakan pada saat berjingkat
         2. tolakan pada saat melangkah
         3. tolakan pada saat melompat

      c. Irama lompatan
            irama lompatan aadalah pada saat berjingkat,melangkah,dan melompat iramanya harus tetap. Misalnya “tao-tap-tap” atau “kanan-kanan-kiri-melompat” bukan “tap-taptap” tau “kanan-kiri-kanankiri-lompat’.

d. sikap tubuh saat diudara (melayang) ada 3:

      1. gaya jongkok(tuck style)
      2. gaya menggantung atau melenting (hang style)
      3. gaya berjalan diudara (walking in the air style)

e. sikap mendarat
      pada saat akan mendarat,kedua kaki dibwa atau diangkat kedepan lurus,badan dibungkukkan kedepandan kedua tangan dari atas dibawa kedepan. Kemudian mendarat dengan kedua kaki bersamaan dan mengoper dengan cara membengkokkan kedua lutut,agar badan tidak jatuh kebelakang maka bert badan segera dipindah kedepan,kepala ditundukkan,kedua lengan kedepan.

48 komentar:

  1. Gimana cara buat blog kayak gitu kak,.? tolong kasi tau caranya kalok boleh tapi,.,.

    BalasHapus
  2. Mampir sini, modifikasi permainan olahraga
    http://pklo2009.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. makasih ya saudaraku informasinya izin sedot buat belajar :D

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Masih pemula dalam dunia blogger gan. . hehe

      btw thx atas kunjungannya :)

      Hapus
  5. http://sangbola.com/
    http://clickbet88new.com/

    BalasHapus
  6. Izin copas, terima kasih sangat ngebantu.

    BalasHapus
  7. SELAMAT PAGI SEMUANYA
    SAYA HANYA INGATKAN BUAT PARA TOGELER,YG SERING KALAH DALAM BERMAIN TOGEL,DAN YG INGIN BERUSAHA UNTUK MEMBALAS SEMUA KEKALAN ANDA SELAMA BERTAHUN TAHUN,
    UNTUK ITU DG PENGALAMAN SAYA,INGIN MENGAJAK ANDA UNTUK MEMPERBAIKI SEMUANYA,DGN SEGALA,KEKECEWAAN,ANDA BISA MENGHUBUNGI SALAH SATU ORANG PINTAR,YG BISA MELIHAT KEHIDUPAN ANDA SELANJUTNYA,DAN BISA MENGETAHUI ANGKA TOGEL YG AKAN KELUAR DINI HARI,U ANDA BISA NGINTIP DI ;' KLIK https://www.facebook.com/togelomtembus/ ,SAYA PASTIKAN ANDA AKAN BERHASIL.karena saya udah buktikan sendiri benar2 joos de

    BalasHapus
  8. keren bngt blognya. boleh bagi tips untuk buat blog kyk gni gak?

    BalasHapus
  9. gimana caranya buat blog ???

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Contentnya sangat bagus dan bermanfaat sekali, terima kasih :)

    🔷 Perguruan Tinggi Indonesia Mandiri (PTIM) 🔷
    STMIK IM & STAN IM
    Menerima mahasiswa baru tahun akademik 2017/2018
    1. Teknik Informatika (S1) Terakreditasi BAN PT
    2. Sistem Informasi (S1) Terakreditasi BAN PT
    3. Manajemen (S1) Terakreditasi BAN PT
    4. Akuntansi (S1) Terakreditasi BAN PT
    Kelas Reguler dan Karyawan
    👉 Jenjang S1 kelas Reguler ditempuh dalam 8 Semester (3,5 Tahun)
    👉 Jenjang S1 kelas Karyawan A dan Kelas Karyawan B ditempuh dalam 8 Semester (2,7 tahun), 1 semester = 4 Bulan (Tri Semester).
    📝 Pendaftaran :
    👉 Kelas Reguler
    👉 Kelas Karyawan

    Info lengkap :
    🌎 www.imandiri.id/pmb
    🌎www.stmik-im.ac.id
    🌎www.stan-im.ac.id
    Telp : (022) 7272672 | (022) 7208180
    Fax : (022) 7271693
    WhatsApp : 082211888879
    Email : Info@stmik-im.ac.id, Info@stan-im.ac.id
    🏡 Jl. Jakarta No. 79 Bandung 40272
    Jawa Barat – Indonesia

    BalasHapus
  12. keren bangett kak,makasihh buat ilmunya😊

    BalasHapus

  13. LegendaQQ.Net

    Pilihan Terbaik Untuk Permainan Kartu Sang LEGENDARIS !!!
    Min Depo 20Rb !!!
    Kartu Para Sang LEGENDA !!!
    WinRate Tertinggi !!!


    Kami Hadirkan 7 Permainan 100% FairPlay :

    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online

    Fasilitas BANK yang di sediakan :

    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - Danamon

    Tunggu apalagi Boss !!! langsung daftarkan diri anda di Legenda QQ

    Ubah mimpi anda menjadi kenyataan bersama kami !!!
    Dengan Minimal Deposit dan Raih WD sebesar" nya !!!

    Contact Us :
    + live chat : legendapelangi.com
    + Skype : Legenda QQ
    + BBM : 2AE190C9

    BalasHapus
  14. This is very interesting, You are a very skilled blogger. I ave joined your rss feed and look forward to seeking more of your great post. Also, I ave shared your web site in my social networks!
    Oracle Apps Functional Training From India

    BalasHapus
  15. Admin, saya izin copas materinya ya

    BalasHapus
  16. King88 sebagai judi online terbesar di indonesia yang dilengkapi dengan sistem enkripsi tercepat dan sistem keamanan yang aman membuat anda semakin nyaman untuk bermain. Game yang kami sediakan texas poker, bandar ceme, ceme keliling, dominobet, capsa susun, blackjack, omaha, dan super10.

    Permainan Champ88 ini menggunakan mata uang asli. Dengan fasilitas jasa perbankan yang sudah ternama di indonesia, salah satunya adalah BCA, BNI, BRI, CIMBNIAGA, MANDIRI, MAYBANK, MEGA, PERMATA, dan KOSPIN JASA, memudahkan anda untuk deposit dan withdraw. Hanya dengan minimal deposit Rp 25.000 anda sudah dapat bermain.

    BalasHapus
  17. selam nbr nasilsin.

    BalasHapus