Images

Mau Konsentrasi Belajar ?


Afternoon All,
Salam Semangat Selalu. .

            Di hari yang cerah ini, ga ada salahnya donk buat update postingan, sebenernya banyak banget yang ada difikiran untuk diposting, tapi akhirnya Judul diatas telah memenangkan hati dan fikiranku*lebay.com. . karena penulis juga lagi bermasalah sama yang namanya konsentrasi terutama dalam hal belajar di luar sekolah formal, so posting tentang tips konsentrasi dalam belajar ga ada salahnya donk. .

            Dari pada berlama-lama dengan basa-basi mending langsung santap aja sebelum expired* :D. . yuks langsung kita santap tips agar konsentrasi dalam belajar. .


First, NIAT
            Yups, Niat adalah hal pertama yang paling penting untuk bisa konsentrasi dalam belajar, dengan diawali niat pastinya kita sudah punya pegangan awal buat belajar, belajar tanpa niat lebih banyak failed dan ilmu yang kita dapat serap sangatlah minim. So Niatkan dalam diri untuk belajar

Second, Motivasi
            Setelah berniat untuk belajar, cobalah memotivasi diri, yah paling tidak saat musimnya ujian, diri punya motivasi untuk mendapatkan nilai terbaik, atau mungkin akan mendapatkan hadiah*tapi jangan ngarep y :D. . dengan memotivasi diri kita jadi lebih semangat dalam belajar.

Third, Lingkungan
            Ini penting untuk kenyamanan kita dalam belajar, secara umum pastinya kalo belajar pengen cari tempat yang tenang kan?, semakin nyaman tempat/lingkungannya, maka ada kemungkinan besar pelajaran yang terserap jadi lebih banyak tapi semua relatif tiap orang dan usahakan hindari hal-hal yang menurut anda menggangu untuk sementara waktu selama anda belajar.

Fourth, Cara Belajar
            Setelah mendapatkan lingkungan yang nyaman maka langkah selanjutnya adalah menerapkan teknik belajar yang menurut kamu paling nyaman, kalo saya paling nyaman belajar dengan ditemani alunan musik instrumen, atau ada yang nyaman belajar sambil jalan dan banyak lagi, ga perlu harus selalu monoton diatas meja dengan lampu belajar, intinya cara ternyaman deh bagi kamu tapi jangan terlena dengan keadaan.

Fifth, Aktif Bertanya
            Maksudnya adalah jika dalam belajar, ada hal yang tidak kita ketahui, maka beranikanlah diri untuk bertanya baik pada guru maupun teman yang kamu anggap paham karena jika dalam belajar ada hal yang menurut kita masih kurang, maka itu akan berpengaruh pada konsentrasi belajar.

Sixth, Istirahat
            Dalam belajar perlu yang namanya kesegaran otak, sesuatu yang berlebihan juga tidak baik, jadi usahakan beri tenggang waktu istirahat 5-15 menit untuk kembali menyegarkan otak, tapi jangan keseringan, ntar malah kaga belajar :D. . salah satu hal yang cukup mengganggu adalah rasa lelah pada tubuh utamanya mata, cobalah untuk melakukan gerak refleksi untuk menyegarkan tubuh atau mungkin minum kopi J. .

            Well’s, mungkin masih banyak lagi tips-tips buat meningkatkan konsentarsi belajar ketika di luar sekolah formal, tapi secara umum 6 tips diatas sudah cukup jika kita menerapkan dengan baik, dan dengan syarat kita dalam keadaan yang FIT Jasmani dan Rohani J, karena akan susah menyerap pelajaran jika kita sakit jasmani maupun stress. .

            Oke deh, segitu dulu tips dari penulis, ambil BUKUmu, niatkan dan terapkan tips diatas. . Semoga bisa mengurangi rasa Galau kalian dalam belajar J




3 komentar:

  1. Terimakasih atas sarannya semoga saja saya terus konsentrasi saat belajar. Keep post aja gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sipp gan, akan coba trus posting :)

      Hapus
  2. thank's gan tipsnya bermamfaat sekali untuk saya sebagai pelajar,sukses terus gan

    BalasHapus